VISI DAN MISI

 

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi program Doktor Ilmu Ekonomi yang unggul, inovatif, dan terkemuka di tingkat nasional dan internasional serta menjadi pelopor pengembangan ilmu pengetahuan bidang ekonomi berdasarkan moral agama.

MISI

  1. 1) Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan di bidang ilmu ekonomi berstandar nasional dan internasional yang mampu mendorong dan memfasilitasi civitas akademika untuk memiliki kapasitas akademik yang tinggi dan profesional
    2) Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan publikasi di bidang ekonomi yang mampu mendorong dan memfasilitasi civitas akademika untuk melakukan inovasi dan mempunyai karya yang berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional
    3) Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang mampu mendorong dan memfasilitasi civitas akademika untuk mengimplementasikan bidang ilmunya dan hasil penelitiannya kepada masyarakat

 

Tujuan

Melalui global recognition dan tingginya kualitas staf pengajar dan peneliti yang dimiliki FEB-UA, dapat dipastikan bahwa Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi mampu menawarkan program pendidikan dengan ciri utama: kualitas terbaik, memiliki reputasi nasional dan internasional, relevan dengan tantangan ekonomi global.

Oleh karena itu, tujuan dari pada Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi adalah: 
1) Mengembangkan pengetahuan bidang ilmu ekonomi melalui pembelajaran berbagai teori ekonomi dan fenomena empiris untuk mendorong peserta didik mencapai pemahaman yang optimal
2) Menerapkan metodologi ilmiah, keterampilan numerasi, komputasi, dan teknologi informasi secara relevan dalam rangka menganalisis berbagai permasalahan sehingga kualitasnya tercermin dalam bentuk karya ilmiah original, teruji, dan terpublikasi internasional
3) Menerapkan pengetahuan bidang ilmu ekonom dan hasil penelitian yang bermanfaat dengan mempraktikan efektifitas personal dalam berbagai situasi sehingga hasilnya bisa diimplementasikan kepada masyarakat.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Rencana pengembangan yang dirancang oleh Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Universitas Airlangga dengan mensinergikan 3 tujuan di atas yaitu dengan menetapkan sasaran dan strategi untuk mencapai visi, misi dan tujuan.
Selanjutnya visi, misi dan tujuan prodi yang telah ditetapkan, dijabarkan dan diperjelas dalam rencana strategis (Renstra) 5 tahunan. Renstra dibahas lebih lanjut dalam sebuah focus group discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan dan umpan balik sekaligus untuk mengakomodasi perubahan tuntutan kebutuhan para pengguna lulusan. FGD melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari pelbagai elemen: dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat (alumni, asosiasi profesi, pembuat kebijakan pusat dan daerah, pengusaha, lembaga riset nasional dan internasional.
Tema strategi yang ditetapkan oleh Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi dengan mempertimbangkan tema strategis yang dimiliki oleh Universitas Airlangga dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Ketiga tema strategis ini adalah:
1) Tema strategis Academic Excellence, yaitu terkait peningkatan kualitas mahasiswa, peningkatan kualitas kurikulum dan proses belajar mengajar, serta peningkatan fasilitas pengajaran.
2) Tema strategis Research Excellence, adalah strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil riset staf pengajar dan mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi FEB UNAIR. Tema strategis ini erat sekali kaitannya dengan semua aktifitas yang yang diarahkan pada peningkatan kualitas agenda riset, peningkatan jumlah publikasi riset yang bereputasi internasional, dan peningkatan fasilitas riset.
3) Tema strategis Community Service Excellence, yaitu terkait semua aktifitas yang diarahkan pada peningkatan kualitas agenda pengabdian masyarakat dan pengelolaan relasi dengan lebih efektif.

Selanjutnya visi, misi dan tujuan Prodi yang telah ditetapkan, dijabarkan dan diperjelas dalam sasaran dan strategi pencapaian untuk lebih menyinergikan dan mengoperasionalkan aspek-aspek strategis yang telah terbentuk. Sasaran dan strategi pencapaian yang diterapkan oleh program studi Doktor Ilmu Ekonomi sebagai berikut:

Hits 3754